TOP News
Home » News » Ini Dia 2 Planet Yang Mirip Bumi
Ilustrasi kembaran bumi
Images: Washington

Ini Dia 2 Planet Yang Mirip Bumi

Perburuan planet di alam semesta nampaknya kian hari kian menggebu. Nampaknya planet-planet mirip bumi gencar-gencarnya dicari dengan harapan dapat ditemukan kehidupan dan dapat dihuni oleh makhluk hidup.

Tak heran jika astronom-astronom saat ini berlomba-lomba membuat teleskop untuk berburu planet dan bintang di alam semesta yang salah satunya adalah
Thirty Meter Telescope (TMT) yang diklaim sebagai teleskop terbesar didunia.

Diwartakan dari laman Washingtonpost.com, Jumat (19/4/2013), Dalam perburuannya astronom yang bekerja dengan teleskop angkasa NASA Kepler mendapati dua planet yang menurutnya adalah kembaran Bumi yang berada pada jarak kurang lebih sekitar 1.200 tahun cahaya.

Planet yang pertama oleh penemu planet ini diberi nama Kepler 62-f. Dimana planet ini memiliki ukuran sedikit lebih besar dari pada planet Bumi yang memiliki radius (jari-jari) 1,41 kali Bumi. Oleh NASA planet ini diklaim telah mengorbit pada bintang Kepler 62.

Menariknya, tim peneliti memprediksi pada planet ini memiliki air di permukaannya serta mempunyai tekstur bebatuan seperti bumi.

Sedangkan planet yang kedua tim peneliti ini menamakannya dengan Kepler 62-e, yang mana planet ini memiliki radius 1,6 kali Bumi. Planet Kepler 62-e sepertinya lebih dekat ke bintangnya serta memiliki suhu lebih hangat. Oleh sebab itu planet ini diperkirakan bisa ditempati. Dilihat dari ukurannya para peneliti beranggapan Kepler 62-e ini adalah planet yang memiliki lautan dan dapat dihuni.

Seperti diketahui bahwa sampai detik ini, kehidupan di planet selain Bumi masih sebatas dugaan dan tak ada kehidupan lain yang pernah diketahui selain planet Bumi.

Walaupun berkali-kali ditemukan kembaran planet Bumi, bukan berarti planet tersebut memiliki kehidupan dan dapat dihuni oleh bangsa manusia.

Advertisement

Comments

Related Post

Twitter uji tombol Beli untuk para penggunanya

Twitter uji tombol Beli untuk para penggunanya

diwarta.com – Dalam waktu dekat seluruh pengguna jejaring social twitter dapat dipastikan akan bisa melakukan proses jual beli online di dalam jejaring social tersebut. Pada hari Senin perusahan tersebut mengumumkan bahwa mereka akan mulai pengujian ke publik tombol beli yang akan ada dalam setiap postingan. Dengan demikian, maka akan dapat mengizinkan penggunanya melakukan pembelian produk Read More »

Lampu Ini Bisa Hilangkan Hujan

Lampu Ini Bisa Hilangkan Hujan

Berkendara dalam kondisi hujan lebat seringkali mengganggu jarak pandang, baik mereka yang berkendara dengan mobil, maupun yang berkendara dengan motor. Bahkan meski menyalakan lampu, terkadang lampu tersebut tidak dapat menembus tetesan hujan yang begitu deras sehingga jarak pandang tidak bisa normal. Kini para peniliti telah mencoba menciptakan lampu yang dapat menghilangkan hujan alias mampu menembus Read More »

Thirty Meter Telescope (TMT), Teleskop Terbesar di Dunia

Thirty Meter Telescope (TMT), Teleskop Terbesar di Dunia

Dalam menjelajah alam semesta pada umumnya para ahli sejak dahulu kala menggunakan alat bantu teleskop. Dengan alat tersebut berbagai fenomena luar angkasa dan planet-planet dapat ditemukan dengan lebih mudah. Untuk menjelajah lebih jauh dan lebih luas lagi diperlukan teleskop yang canggih pula. Oleh karenanya, tidak sedikit pula jenis teleskop yang telah dihadirkan oleh para ahli Read More »

Info Seputar Harga Game di Sony PlayStation 4

Info Seputar Harga Game di Sony PlayStation 4

Sony menjanjikan tidak akan menjual game-game untuk PlayStation 4 dengan harga mahal dan kemungkinan besar harga Game di PS4 setara dengan PS3. Diwartakan dari CVG, Rabu (19/6/2013), kemungkinan harga game PS4 nantinya tak jauh berbeda dengan harga game dalam PS3. Harga ini tentunya bakal berlaku setelah peluncuran beberapa game konsol besutan next-gen tersebut, seperti halnya Read More »