TOP News
Home » News » Ini Dia 2 Planet Yang Mirip Bumi
Ilustrasi kembaran bumi
Images: Washington

Ini Dia 2 Planet Yang Mirip Bumi

Perburuan planet di alam semesta nampaknya kian hari kian menggebu. Nampaknya planet-planet mirip bumi gencar-gencarnya dicari dengan harapan dapat ditemukan kehidupan dan dapat dihuni oleh makhluk hidup.

Tak heran jika astronom-astronom saat ini berlomba-lomba membuat teleskop untuk berburu planet dan bintang di alam semesta yang salah satunya adalah
Thirty Meter Telescope (TMT) yang diklaim sebagai teleskop terbesar didunia.

Diwartakan dari laman Washingtonpost.com, Jumat (19/4/2013), Dalam perburuannya astronom yang bekerja dengan teleskop angkasa NASA Kepler mendapati dua planet yang menurutnya adalah kembaran Bumi yang berada pada jarak kurang lebih sekitar 1.200 tahun cahaya.

Planet yang pertama oleh penemu planet ini diberi nama Kepler 62-f. Dimana planet ini memiliki ukuran sedikit lebih besar dari pada planet Bumi yang memiliki radius (jari-jari) 1,41 kali Bumi. Oleh NASA planet ini diklaim telah mengorbit pada bintang Kepler 62.

Menariknya, tim peneliti memprediksi pada planet ini memiliki air di permukaannya serta mempunyai tekstur bebatuan seperti bumi.

Sedangkan planet yang kedua tim peneliti ini menamakannya dengan Kepler 62-e, yang mana planet ini memiliki radius 1,6 kali Bumi. Planet Kepler 62-e sepertinya lebih dekat ke bintangnya serta memiliki suhu lebih hangat. Oleh sebab itu planet ini diperkirakan bisa ditempati. Dilihat dari ukurannya para peneliti beranggapan Kepler 62-e ini adalah planet yang memiliki lautan dan dapat dihuni.

Seperti diketahui bahwa sampai detik ini, kehidupan di planet selain Bumi masih sebatas dugaan dan tak ada kehidupan lain yang pernah diketahui selain planet Bumi.

Walaupun berkali-kali ditemukan kembaran planet Bumi, bukan berarti planet tersebut memiliki kehidupan dan dapat dihuni oleh bangsa manusia.

Advertisement

Comments

Related Post

Fitur Mirip Siri ada di Xbox 720

Fitur Mirip Siri ada di Xbox 720

Konsol game Xbox 720 besutan Microsoft ini dipastikan akan memiliki banyak fitur, termasuk fitur yang mirip siri. Dimana fitur ini nantinya Xbox 720 dapat dikendalikan hanya dengan menggunakan perintah suara. Diwartakan dari laman The Verge pada hari Jum’at (8/2/2013), informasi tersebut datang dari nara sumber yang terpercaya di Microsoft. Sekedar informasi bahwa Konsol Game Kinect Read More »

Samsung lawan iPhone 5S dengan Pemindai Retina

Samsung lawan iPhone 5S dengan Pemindai Retina

Apple kini mulai mempopulerkan penggunaan fingerprint dalam ponsel melalui iPhone 5S, begitu juga dengan HTC. Namun, sepertinya Samsung memiliki cara yang berbeda. iPhone 5S memang bukanlah smartphone pertama yang menggunakan teknologi fingerprint, namun kehadirannya seolah mampu jadi tren baru di industri gadget. Hal ini terlihat dari HTC One Max yang juga diluncurkan dengan teknologi fingerprint. Read More »

Ini Dia Facebook Home Rasa Android

Ini Dia Facebook Home Rasa Android

HTC First yang belum lama dirilis bersama dengan Facebook Home hadir dengan menawarkan User Interface yang baru dengan mengedepankan jejaring social facebook. Diwartakan dari laman Techradar Jumat (5/4/2013), Mark Zuckerberg selaku Boss Facebook mengatakan “Kami tidak membuat OS Android dan kami juga tidak menciptakan ponsel”. Pada dasarnya, Facebook Home (Phone Facebook) merupakan sebuah pengalaman baru Read More »

Benarkah OS X 10 bernama Yosemite

Benarkah OS X 10 bernama Yosemite

Diwarta Techno – Setelah merilis Sistem Operasi X terbaru mereka di 2013 tahun lalu bernama Maverics, kini muncul rumor mengenai OS X terbaru dari Apple beredar di internet. Meskipun belum ter konfirmasi dari pihak Apple terkait OS X terbaru ini, namun banyak informasi beredar jika OS X 10 akan diperkenalkan ke publik dalam ajang WWDC Read More »