TOP News
Home » News » Tombak Ini Mampu Bersihkan Sampah Antariksa
Ilustrasi Orbit bumi
Img: news.sky.com

Tombak Ini Mampu Bersihkan Sampah Antariksa

Orbit Bumi ternyata tak sebersih apa yang kita bayangkan. Pasalnya sampah-sampah antariksa seberat 60 ribu ton hasil dari peluncuran roket dari Bumi di masa lalu memenuhi Oerbit Bumi.

Sampah-sampah ini merupakan sampah terbesar di seluruh orbit Bumi, dan hal ini sangat berbahaya sekali jika terjatuh dan sampai ke permukaan Bumi.

Para ahli antariksa dari Inggris yang berasal dari perusahaan satelit Astrium pun mencoba membuat solusi untuk masalah yang satu ini dengan berencana melakukan pembersihan orbit Bumi dengan bantuan harpoon (tombak) raksasa.

Diwartakan dari laman news.sky.com pada (22/04/2013) bahwa seorang ilmuwan bernama DR. Jaime Red selaku penemu mengaku jika proyek ini segera diujicoba maka harpoon (tombak) raksasa ini sudah dapat digunakan sekitar empat tahun yang akan datang.

Harpoon yang nantinya diluncurkan dari sebuah satelit bakal menarik puing-puing sampah antariksa tersebut yang selanjutnya dilempar ke arah atmosfer Bumi, sehingga puing-puing tersebut dapat terbakar aman di angkasa.

Saat ini para ahli telah merancang sistem prototip yang sudah melewati serangkaian tes latihan tembak. Yang mana harpoon dilesatkan dengan kecepatan 100 km/jam ke arah panel alumunim yang mana panel tersebut adalah bahan dasar pembuat satelit.

Menurut NASA, diperkirakan sedikitnya terdapat 22 ribu puing sebesar bola kriket serta 500 ribu lainnya puing-puing tersebut memiliki ukuran seperti kelereng. Dimana puing-puing ini sangat membahayakan proyek roket luar angkasa dimasa yang akan datang.

Advertisement

Comments

Related Post

Evolution Kit, Smart TV Ala Samsung

Evolution Kit, Smart TV Ala Samsung

Samsung yang sudah meluncurkan produk Smart TV F8000 sepertinya juga memperhatikan terhadap mereka yang ingin upgrade ke model terbaru. Dimana kali ini Samsung telah menyediakan alternatif bernama Evolution Kit. Dengan teknologi ini memungkinkan pengguna memiliki perkembangan teknologi TV terkini walaupun tidak membeli model terbaru. Melalui Evolution Kit, pengguna dapat meng-upgrade Smart TV Samsung mereka untuk Read More »

Twitter, Perkenalkan Twitter #Music

Twitter, Perkenalkan Twitter #Music

Twitter #Music adalah salah satu aplikasi yang ditujukan untuk pengguna twitter yang ingin mencari lagu serta mendengarkan musik secara online dengan mudah. Diwartakan dari laman Theverge.com (19/04/2013) Twitter akhirnya merilis Twitter #Music bagi iOS dan situs. Twitter #Music disini berperan untuk membantu melakukan pencarian lagu-lagu baru yang sedang trending diranah Twitter serta juga dapat merekomendasikan Read More »

Sony Dukung PlayStation 3 Sampai 2015

Sony Dukung PlayStation 3 Sampai 2015

Game konsol PS3 (PlayStation 3) merupakan produk baru yang dirilis oleh Sony pada 30 Oktober 2012 ini. Jika anda adalah seorang gamers yang berencana membeli PlayStation 3 tidak perlu cemas dengan kehadiran konsol penerusnya. Sebab, Sony menyatakan siap memberikan dukungan terhadap PS3 sampai tahun 2015. Banyak kabar beredar mengatakan bahwa Sony tengah merilis generasi terbaru Read More »

Wah, Android Jelly Bean akan Dihentikan?

Wah, Android Jelly Bean akan Dihentikan?

Google – Android adalah sistem operasi besutan google yang memiliki banyak peningkatan. Seperti diketahui bahwa, OS terbaru besutan google adalah Android 4.4 KitKat. Meskipun sudah lama meluncur namun masih jarang ditemui di beberapa seri ponsel. Untuk melebarkan pasar Android 4.4 KitKat, Google dikabarkan segera menonaktifkan OS Android lama. Seperti dilansir dari laman PhoneArena, (12/2/2014), Google Read More »