TOP News
Home » News » Tombak Ini Mampu Bersihkan Sampah Antariksa
Ilustrasi Orbit bumi
Img: news.sky.com

Tombak Ini Mampu Bersihkan Sampah Antariksa

Orbit Bumi ternyata tak sebersih apa yang kita bayangkan. Pasalnya sampah-sampah antariksa seberat 60 ribu ton hasil dari peluncuran roket dari Bumi di masa lalu memenuhi Oerbit Bumi.

Sampah-sampah ini merupakan sampah terbesar di seluruh orbit Bumi, dan hal ini sangat berbahaya sekali jika terjatuh dan sampai ke permukaan Bumi.

Para ahli antariksa dari Inggris yang berasal dari perusahaan satelit Astrium pun mencoba membuat solusi untuk masalah yang satu ini dengan berencana melakukan pembersihan orbit Bumi dengan bantuan harpoon (tombak) raksasa.

Diwartakan dari laman news.sky.com pada (22/04/2013) bahwa seorang ilmuwan bernama DR. Jaime Red selaku penemu mengaku jika proyek ini segera diujicoba maka harpoon (tombak) raksasa ini sudah dapat digunakan sekitar empat tahun yang akan datang.

Harpoon yang nantinya diluncurkan dari sebuah satelit bakal menarik puing-puing sampah antariksa tersebut yang selanjutnya dilempar ke arah atmosfer Bumi, sehingga puing-puing tersebut dapat terbakar aman di angkasa.

Saat ini para ahli telah merancang sistem prototip yang sudah melewati serangkaian tes latihan tembak. Yang mana harpoon dilesatkan dengan kecepatan 100 km/jam ke arah panel alumunim yang mana panel tersebut adalah bahan dasar pembuat satelit.

Menurut NASA, diperkirakan sedikitnya terdapat 22 ribu puing sebesar bola kriket serta 500 ribu lainnya puing-puing tersebut memiliki ukuran seperti kelereng. Dimana puing-puing ini sangat membahayakan proyek roket luar angkasa dimasa yang akan datang.

Advertisement

Comments

Related Post

ASUS Pengen Rilis Tablet Tertipis di Dunia

ASUS Pengen Rilis Tablet Tertipis di Dunia

ASUS dikabarkan berencana merilis sebuah tablet yang disebut-sebut bakal jadi PC Tablet tertipis di dunia. Diwartakan dari website Techradar, Rabu (31/7/2013), target ASUS kali ini adalah menciptakan tablet yang mengusung ketebalan hanya 6mm saja. Apabila kabar tersebut benar adanya, maka tablet tersebut memang jauh lebih tipis dari tablet milik Sony Xperia Tablet Z yang memiliki Read More »

Windows Blue, OS Microsoft Untuk Tablet

Windows Blue, OS Microsoft Untuk Tablet

Perusahaan software ternama, Microsoft nampaknya tengah sibuk mempersiapkan sistem operasi terbaru yang dinamai dengan Windows Blue. Windows Blue ini adalah sistem operasi dari microsoft yang bakal ikut bersaing dalam dunia pasa mini tablet. Diwartakan dari laman Businessinsider.com (18/04/2013) bahwa Peter Klein selaku CFO (Chief Financial Officer) Microsoft mengungkapkan kepada Wall Street Journal jika Microsoft kini Read More »

Pemerintah Masih Kesulitan Terapkan Open Access

Pemerintah Masih Kesulitan Terapkan Open Access

Harapan Pertagas dan para trader gas untuk menikmati pipa gas PGN dengan aturan Open Access, nampaknnya belum akan dapat dilaksanakan dalam waktu dekat. Ini disebabkan pemerintah masih kesulitan dalam menjalankan aturan yang telah dibuatnya sendiri. Pada pembukaan Sidang Dewan Energi Nasional (DEN) ke 11 pada Jumat, 8 November 2013, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Read More »

Samsung Galaxy S4 Meledak dan Terbakar

Samsung Galaxy S4 Meledak dan Terbakar

Samsung Galaxy S4 – Satu lagi kejadian berasal dari sebuah smartphone. Kali ini, berasal dari smartphone Samsung Galaxy S4 yang jadi penyebabnya. Kejadian tersebut berawal ketika Mr. Du dari Hong Kong sang pemilik Galaxy S4 tengah asyik bermain game di Galaxy S4 miliknya. Namun tiba-tiba saja smartphone tersebut meledak dan terbakar, sontak ledakan tersebut membuat Read More »