TOP News
Home » Gadget » Braille Phone, Smartphone ala Tuna Netra
Smartphone Braille Phone
Img: engadget.com

Braille Phone, Smartphone ala Tuna Netra

Akhirnya dirilis juga Smartphone untuk Tuna Netra.

Seorang insinyur sekaligus desainer dan sang pembuat film India bernama Sumit Dagar berhasil menciptakan sebuah terobosan baru yakni berupa Smartphone untuk penyandang Tuna Netra bernama Braille Phone.

Pada awalnya, konsep smartphone ini sendiri dipamerkan dalam sebuah acara TED Conference pada tahun 2011 lalu.

Diwartakan dari laman indiatimes.com, Jumat (26/04/2013) Pemberian nama Braille Phone untuk smartphone tersebut dikarenakan perangkat ini memiliki bentuk yang mirip layaknya smartphone biasa, hanya saja sudah dilengkapi dengan beberapa pin yang timbul.

Fungsi dari pin tersebut adalah untuk menerjemahkan suatu kalimat ke dalam huruf braile sehingga lebih mudah diraba pengguna, terlebih mereka yang menyandang tuna netra.

Temuan Sumit Dagar ini dikembangkan oleh Centre for Innovation Incubation and Entrepreneurship, sebuah perusahaan prototip perangkat terkini yang sudah mampu menghadirkan tak hanya kalimat saja, namun juga berupa gambar, peta, video dan informasi penting lain berbentuk garis serta titik yang timbul.

Harga Smartphone Braille Phone ini sendiri dikabarkan bakal ditawarkan sekitar 1,8 juta rupiah. Namun sayangnya belum ada informasi resmi terkait sistem operasi apa yang digunakan.

Advertisement

Comments

Related Post

TV Transparant dari Samsung Ramaikan CES 2013

TV Transparant dari Samsung Ramaikan CES 2013

Samsung berencana pamerkan produk Smart TV terbarunya di ajang CES 2013 minggu depan. Tak heran jika banyak pengamat gadget selalu mengikuti perkembangan ini. Kabar yang beredar, TV besutan Samsung ini memiliki wajah yang transparan. Sekedar informasi bahwa, sebelumnya perusahaan Samsung juga sudah merilis video online serta teaser yang mengklaim segera menunjukkan ‘Desain TV terbaru yang Read More »

Mengintip Optimus Pad LTE Besutan LG

Mengintip Optimus Pad LTE Besutan LG

LG Vendor Electronics raksasa pamerkan tablet pertamanya yang sudah dilengkapi dengan kemampuan 4G Long Term Evolution (LTE). Optimus Pad LTE yang peluncuran pertamakalinya di Korea Selatan ini memiliki kelebihan pada sistem konektivitas yang super cepat. Disamping teknologi LTE, LG juga melengkapi tablet besutanya tersebut dengan display True HD IPS serta kamera dengan kemampuan 8 megapixel. Read More »

HTC M8, Inikah Penerus HTC One?

HTC M8, Inikah Penerus HTC One?

Walaupun HTC One dapat dikatakan belum lama masuk dalam persaingan smartphone papan atas, sang produsen asal Taiwan ini sepertinya telah menyiapkan penerusnya. Diwartakan dari laman Pocket-Lint, Kamis (11/7/2013), smartphone yang disebut-sebut penerus HTC One ini memiliki nama sandi M8. Agak aneh memang jika penerus HTC One tersebut dinamai HTC M8 dan HTC One 2 bisa Read More »

Yotaphone, Smartphone Android Berlayar Ganda

Yotaphone, Smartphone Android Berlayar Ganda

Berbagai vendor smartphone bersaing untuk mencuri hati para pengguna, dengan merilis teknologi smartphone terdepan. Seperti yang dilakukan Yota Device, dimana perusahaan ini baru saja memperkenalkan smartphone futuristik yang hadir dengan dua layar sekaligus. Diwartakan dari Digitalspy pada hari Jumat (14/12/2012), Produk yang dinamai YotaPhone ini dirilis dengan dua layar sekaligus, dimana layar utama yang digunakan Read More »