Ilmuwan Swiss Siapkan Satelit Penyapu Sampah Antariksa

Ilmuwan Swiss Siapkan Satelit Penyapu Sampah Antariksa Cleanspace One

Beberapa ilmuwan swiss tengah mempersiapkan rencana peluncuran satelit untuk membersihkan sampah di antariksa yang paling dekat dengan bumi. Satelit tersebut akan membersihkan sampah yang mengorbit bumi, kemudian melemparkannya ke atmosfer.

CleanSpace One itulah nama satelit pembersih sampah tersebut dan menghabiskan dana USD11 juta, Satelit CleanSpace One ini didirikan oleh Swis Space Center di Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EFPL), seperti yang dilansir dari situs Dailymail pada hari Jum’at (17/2/2012).

EFPL mengatakan jika Peluncurannya akan dijadwalkan antara 3 sampai 5 tahun yang akan datang. Tugas utama daripada satelit ini adalah melakukan pembersihan sampah antariksa dari hasil dua satelit yang diluncurkan Swiss di tahun 2009 dan tahun 2010 lalu.

Menurut NASA, pada wilayah luar angkasa didekat Bumi terdapat sekitar lima ratus ribu lebih satelit rusak, roket bekas serta puing-puing lainnya yang mengorbit Bumi. Benda-benda tersebut bergerak dalam kecepatan tinggi kurang lebih 17.500 mill per jam, kecepatan ini mampu menimbulkan kerusakan berat pada sebuah satelit atau pesawat luar angkasa jika tidak segera di bersihkan.

Seorang profesor sekaligus Astronot di EFPL juga mengatakan bahwa “Sudah jadi hal mendasar untuk menyadari keberadaan puing-puing tersebut dan risiko yang ditimbulkan daripada meningkatnya jumlah sampah antariksa,”.

Beberapa ilmuwan juga mengungkapkan bahwa membangun satelit yang berarti mengembangkan teknologi baru untuk dapat mengatasi tiga masalah besar, yaitu:

  1. Satelit harus dapat menyesuaikan jalan untuk mencapai targetnya. EPFL sendiri mengatakan jika laboratoriumnya kini tengah mencari penggerak super mini yang mampu melakukan hal ini.
  2. Satelit harus dapat memegang dan menstabilkan puing-puing dalam kecepatan tinggi. Oleh sebab itu, para ilmuwan saat ini masih mempelajari kondisi tersebut dan tanaman serta hewanlah yang mejadi sebagai model.
  3. CleanSpace One harus dapat mengambil sampah antariksa seperti puing-puing, atau satelit yang sudah tidak dipakai lagi serta melemparnya kembali ke atmosfer bumi supaya puing-puing tersebut hangus terbakar ketika melintasi atmosfer bumi.

Semoga dengan adanya Satelit Pembersih Sampah Antariksa yang sedang dipersiapkan Swiss kali ini dapat berfungsi dengan baik, sehingga keberadaan satelit yang rusak atau roket yang sudah tidak terpakai tidak lagi membahayakan umat manusia.

Demographics ( Satelit Pembersih sampah antariksa - Clean Space One)

Demographics ( Satelit Pembersih sampah antariksa – Clean Space One)

Top News

Spesifikasi PC Tablet Microsoft Surface 32GB

(Spesifikasi PC Tablet Microsoft Surface 32GB) – Dengan mengusung sistem operasi Microsoft Windows RT, produk yang satu ini hadir bersama layar berukuran 1366…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Bocoran Samsung Galaxy S4 Active

Penampakan seri hebat dari Samsung Galaxy S4 yang kemungkinan besar bakal dinamai dengan Galaxy S4 Active mulai banyak beredar. Diwartakan dari laman Ubergizmo,…

Hafidz Firdaus Hafidz Firdaus

2013, Jadi Jadwal Perilisan Games Batman: Arkham Origins

Games Batman: Arkham Asylum terjual nampaknya begitu banyak diminati oleh gamers di seluruh dunia, tak heran jika terjual lebih dari 3 juta kopi….

Zahfi Yuki Zahfi Yuki

PopCap, Luncurkan Games Plants Vs Zombies 2

Suka games ringan Plants Vs Zombies atau Anda salah satu penggemar game Plants Vs Zombies? Games ini memang sepertinya layak dicoba apalagi kini…

Hafidz Firdaus Hafidz Firdaus

Meski Grafisnya Sederhana, Permainan Ini Tak Kalah Menarik

Permainan digital bergaya grafis rendah ini tak kalah tenar dengan permainan digital lain bergrafis tinggi. Hal ini terlihat dari sebuah permainan Snake dan…

Zahfi Yuki Zahfi Yuki

Android Bakal Jadi OS Teknologi Mobil Honda & Audi

Sistem operasi Android nampaknya didesain tak sekedar hanya untuk sistem operasi smartphone. Namun, OS besutan Google mengincar industri lain yang tidak kalah menarik,…

Zahfi Yuki Zahfi Yuki